Sabtu, 21 Maret 2009

Berinfaq

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ(39)

Artinya: “Katakanlah: "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)". dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, Maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezki yang sebaik-baiknya”.(Qs. As-Saba’:39)

Tipe-tipe orang yang berinfaq:

1. Orang yang berinfaq agar dilihat dan didengar orang lain.

Orang seperti ini kelak di akherat tidak akan mendapatkan balasan apapun dari harta yang di infaqkannya. Dialah orang yang pertama sekali yang akan dilemparkan ke dalam api neraka.

2. Orang yang berinfaq karena malu, baginya adalah ganjaran dari Allah SWT. Orang seperti inilah yang sering ada, karena hal tersebut sudah menjadi kebiasaan

3. Orang yang berinfaq dengan harapan akan mendapat ridha dari Allah SWT, orang seperti ini yang disebut dengan ‘abid (orang yang ahli ibadah)

Firman Allah SWT dalam Qs. Al-Baqarah: 5)

أُولَئِكَ عَلَى هُدًى مِنْ رَبِّهِمْ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ(5)

Artinya: “Mereka Itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung”. (Qs. Al-Baqarah: 5))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MULAI SEKARANG

KUNJUNGI

KAMI DI SINI